RESMI! Roberto Martinez Mundur dari Posisi Pelatih Timnas Belgia

 

Roberto Martinez mengumumkan pengunduran dirinya dari kursi kepelatihan timnas Belgia. Keputusan itu diambil setelah Belgia tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022.

Belgia hanya mengumpulkan empat poin di Grup F. Koleksi poin tersebut lebih sedikit dari perolehan poin Kroasia (5) dan Maroko (7).

Salah satu faktor terbesar tersingkirnya Belgia adalah ketika menelan kekalahan di laga kedua menghadapi Maroko. Kevin de Bruyne dkk tunduk 0-2 dari Maroko.

Belgia sebetulnya bisa saja lolos dari grup dengan catatan wajib menang atas Kroasia di laga terakhir. Namun apa daya, pertandingan hanya berakhir imbang 0-0 yang membuat Belgia tertahan di peringkat ke-3.

Baca Juga : 5 Pemain dengan Gaji Tertinggi di Piala Dunia 2022, Jangan Cari Ronaldo

Bukan Laga yang Mudah

Martinez menjelaskan, Belgia memulai kiprahnya di Piala Dunia 2022 tidak dengan performa yang tepat. Belgia diakuinya baru menemukan performa terbaiknya di laga terakhir, tetapi sayangnya harus menghadapi laga yang tidak mudah.

“Tidak mudah untuk memenangkan pertandingan di Piala Dunia. Kami tidak memainkan permainan kami di laga pertama, kemudian kami kalah di laga kedua,” ujar dia dilansir dari Eurosport.

“Kemudian hari ini kami sudah siap. Kami menciptakan banyak peluang. Jadi tidak ada penyesalan dengan performa hari ini. Kami tersingkir dengan kepala tegak,” katanya.

Tetap akan Mundur Apapun Hasilnya

Keputusan Martinez untuk turun dari posisi pelatih timnas Belgia diungkapkan setelah laga kontra Kroasia. Menurutnya, keputusan untuk mundur ini sudah ditetapkan sebelum turnamen dimulai dan terlepas dari apapun hasilnya di Piala Dunia 2022.

“Pertandingan tadi jadi pertandingan terakhir saya dengan tim nasional. Dan rasanya sangat emosional seperti yang kalian bayangkan,” katanya.

“Saya memang akan berhenti bagaimanapun juga, apapun yang terjadi, sekalipun kami menjadi juara. Saya telah membuat keputusan itu sebelum Piala Dunia dimulai,” lanjut dia.

Bawa Prestasi

Martinez memang bisa disebut beruntung datang ke timnas Belgia saat generasi emas Belgia sedang panas-panasnya. Ia memberikan sejumlah prestasi.

Martinez ditunjuk jadi pelatih timnas Belgia pada 2016 lalu. Kemudian di 2018, ia berhasil menorehkan prestasi terbesar untuk Belgia, walaupun masih dianggap kurang, yaitu menjadi juara ketiga di Piala Dunia 2018.

Prestasi tersebut mengantarkan Belgia naik ke peringkat ke-1 FIFA. Dan posisi tersebut berhasil dipertahankan selama kurang lebih empat tahun, sampai kemudian Belgia datang ke Piala Dunia 2022 dengan status peringkat ke-2 FIFA.