Rekomendasi Budget PC Gaming Terbaik di Akhir Tahun 2022, Mulai dari 5 Jutaan!

Sebelumnya, terima kasih kepada salah satu pembaca setia Gamebrott yang berikan bahasan yang menarik untuk diulik. Terlebih bila sudah membahas sebuah personal computer kategori gaming yang harus disesuaikan dengan budget kita saat itu, tentu butuhkan observasi. Yap, kali ini kami akan bahas rekomendasi budget PC gaming, mulai dari 5 Jutaan.

Kalau boleh jujur, sebenarnya hampir tidak ada habisnya bila kita membahas semua yang berhubungan dengan personal computer, komputer maupun laptop. Tentunya ini dikarenakan inovasi dan berkembangnya dunia teknologi yang tiap tahunnya hadirkan bermacam pembaruan, setidaknya sepengamatan penulis.

Meski teknologi baru makin digalakkan, tentu tak semua orang bisa langsung merasakannya. Dibutuhkan sejumlah premium untuk dapat menikmati deretan teknologi anyar yang kerap jadi musuh dengan budget yang kita miliki. Benar, tidak ada teknologi baru tawarkan performa, namun murah meriah, mungkin memang belum saatnya.

Oleh karenanya, di penghujung akhir tahun ini, penulis akan coba berikanmu apa-apa saja yang harus diperhatikan ketika akan meminang budget PC gaming. Penasaran ‘kan, brott?

Alokasi Dana untuk Sebuah Budget PC Gaming

Berbicara alokasi dana, sebenarnya tak ada patokan pasti karena setiap individu tentu miliki rencananya masing-masing. Namun, bila kita membahas budget PC gaming, terlebih dengan komponen serba baru, tentu harus benar-benar worth-it untuk jangka waktu lama.

Ditambah dengan fakta bahwa saat ini dunia tengah alami chip shortage, tentu cari rekomendasi berhasil makin sulit dibuatnya. Berkatnya, alokasi dana yang seharusnya termasuk mumpuni di zaman now, malah makin mahal dibuatnya.

Namun, buatmu yang masih galau dan kepepet untuk meminang sebuah budget PC gaming, terutama komputer, berikut list rekomendasi yang bisa kami berikan.

Disclaimer:

Rekomendasi budget PC gamingini hanya akan gunakan komponen serba baru. Sedangkan untuk harganya sendiri, diriset dan dikumpulkan oleh penulis hanya pada satu marketplace bersertifikat.

1. Rekomendasi Rakitan PC di Bawah 5 Jutaan Rupiah

Terima kasih kepada chip shortage yang melanda, mustahil rasanya mendapatkan kartu grafis dengan kemampuan di atas rata-rata dengan harga manusiawi. Rakitan dengan iGPU rasanya tak bisa jadi solusi, karena prosesor kubu merah akan terlalu mahal untuk dijadikan referensi.

Dengan alokasi di bawah 5 Jutaan Rupiah, kita tak usah berharap banyak untuk dapat komponen yang benar-benar mumpuni.

Untuk prosesor, pilihan paling worth-it untuk saat ini tak usah heran bila jatuh pada Intel Core i3-10105F. Tawarkan 4 cores dan 8 threads, tentu sudah lebih dari cukup untuk zaman now.

Tak usah sandingkan prosesor tersebut dengan motherboard yang miliki chipset di atasnya karena justru malah overkill. Beda 1-3% takkan terasa, dan berkat memory controller Intel yang terbatas, malahan akan buat komponen yang ada sia-sia. Dikombinasikan dengan RAM 2x8GB, yang tentunya masuk kategori ‘wah’ untuk kategori budget PC gaming.

Untuk penyimpanan, kami akan rekomendasikan NVMe berkapasitas 120GB yang sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan untuk casing, kamu bisa coba cari yang termurah, namun harus dipasangkan dengan PSU yang cukup miliki nama.

Dengan budget yang tersisa, kamu hanya bisa meminang kartu grafis AMD, yaitu RX 550 2GB DDR5. Di sini, jangan sampai salah ambil varian DDR4, karena beda performanya benar-benar masif, bahkan bisa buatmu menyesal kemudian hari.

2. Rekomendasi Rakitan PC di Bawah 10 Jutaan Rupiah

Saat ini, rekomendasi budget PC gaming di bawah 10 Jutaan Rupiah rasanya malah bergeser dari standar menengah, jadi standar ‘terendah’. Tentu semua ini dikarenakan ‘kelangkaan’ yang terjadi, tak sedikit orang yang galau dibuatnya, termasuk di antaranya adalah gamers.

Dengan alokasi dana yang sedikit melar, setidaknya kita bisa mendapatkan komponen yang lebih ‘wah’ ketimbang 5 Jutaan Rupiah.

Untuk prosesor, kita harus berpuas diri dengan AMD Ryzen 5 5600 yang ‘hanya’ tawarkan 6 cores dan 12 threads. Hal tersebut dikarenakan kian murahnya prosesor kubu merah yang dulunya sempat cukup mahal tersebut.

Prosesor tersebut akan tempati motherboard lini budget Asrock B660M yang tawarkan dua slot memory dan PCI Express 4.0. Dengan besaran memory 2x8GB, rasanya masih lebih dari cukup di zaman sekarang.

Beruntunglah kalian yang baru tertarik untuk merakit komputer di penghujung tahun ini, dikarenakan longsornya harga komponen untuk olah grafis. Satu-satunya pilihan yang menurut kami worth jatuh pada RX 6600 XT.

Untuk case, kita coba rekomendasikan case yang setidaknya gak ‘gitu-gitu aja’ mengingat ini adalah rakitan 10 Juta Rupiah. Dan untuk power supply-nya sendiri, kita bakal rekomendasikan Fractal Design Ion+ 560W 80+ Platinum.

3. Rekomendasi Rakitan PC di Bawah 15 Jutaan Rupiah

Dulu, budget PC gaming dengan alokasi di bawah 15 Jutaan Rupiah kerap jadi acuan rakitan yang bisa penuhi harapan gamers. Namun, untuk saat ini tampaknya hal tersebut akan cukup sulit diwujudkan berkat mahalnya kartu grafis yang mumpuni.

Setelah cukup lama bertengger nyaman di tahtanya, kini prosesor Intel Generasi Ke-12 harus bertekuk lutut karena prosesor AMD lebih murah.

Sama halnya dengan motherboard yang akan ditempati, kamu takkan temukan beda masif pada motherboard sampai dengan rentang 3 Juta Rupiah. Oleh karenanya, kami memilih motherboard terbaik yang bisa kamu evaluasi karena harganya pun cukup menarik.

Bila kamu benar-benar butuhkan besaran memory atau inginkan sedikit beda, kamu bisa gunakan memory sebesar 2x8GB sebanyak dua buah kit. Tentu, besaran ini sedikit di atas rata-rata zaman now yang hanya sebesar 16GB semata.

Berkat tunjangan hari raya yang turun dan alokasi dana lebih, penulis dapat rekomendasikan kartu grafis yang lebih sesuai. Di antaranya adalah NVIDIA RTX 3060, atau AMD RX 6700 5XT, di mana keduanya tawarkan performa yang kurang lebih sama. Setidaknya bisa sempurnakan budget PC gaming yang bisa mainkan games AAA zaman now.

Untuk case, kami masih cukup nyaman dengan case besutan PCCOOLER yang tentunya dapat memuat banyak fan supaya hasilkan sirkulasi udara yang optimal.

Tidak hanya kartu grafis, namun PSU pun harus kamu upgrade supaya bisa angkat kartu grafis barumu dengan mudahnya tanpa masalah. Namun, kami merasa power supply dari Fractal Design masih cukup untuk temani hari-harimu.

4. Rekomendasi Rakitan PC di Bawah 20 Jutaan Rupiah

Sama halnya dengan tier sebelumnya, rekomendasi rakitan di bawah 20 Jutaan Rupiah kerap direferensikan buat mereka yang butuhkan kekuatan ekstra. Biasanya, budget PC gaming ini lebih cocok untuk content creator, namun berkat perkembangan zaman, gamers pun dapat nikmatinya.

Dengan alokasi dana tersebut, sudah barang tentu akan banyak sekali pilihan tersedia untuk maksimalkan potensi hardware yang bisa kita manfaatkan. Namun, biasanya orang yang miliki budget sebesar ini tak pusingkan hal tersebut dan rush b demi dapatkan pengalaman komputasi terbaik, meski bukan nomer satu.

Berkat besaran dana yang ada, kita bisa step-up ke lini prosesor yang lebih kuat, namun harus puas dengan kubu biru. Prosesor tersebut adalah Intel Core i7-12700 versi tray yang tentunya sudah lebih dari kata ‘cukup’.

Tentu kamu butuhkan motherboard yang lebih mumpuni, yaitu Asrock B660M Pro Rs/Ax yang jauh lebih kuat ketimbang rekomendasi yang kami berikan sebelumnya. Ditambah dengan besaran memory 2x8GB sebanyak dua kit, yang tentunya relevan dengan tier budget PC gaming di bawah 20 Jutaan ini.

5. Rekomendasi Rakitan PC di Bawah 25 Jutaan Rupiah

Beralih ke rekomendasi budget PC gaming di bawah 25 Jutaan Rupiah, masih tak banyak pilihan kartu grafis ditawarkan. Biasanya build atau rakitan dengan budget segini kerap digunakan para streamer demi suguhkan konten yang enak ditonton pada resolusi tertentu.

Prosesor Intel Core i7-12700F dengan 12 cores (8P+4E) dan 20 threads tampak berikan kesan gahar dari kubu biru. Bila lakukan komparasi dengan kubu merah AMD, rasanya hampir tak ada yang bisa saingi prosesor dengan codename Alder Lake ini.

Tentunya, motherboard yang patut ditempati prosesor mid-high ini tetap tak berubah, yakni Asrock Z690M. Berkat suntikan dana dan tunjangan hari raya, idealnya budget PC gaming ini miliki memory sebesar 2x16GB.

Urusan kartu grafis, NVIDIA RTX 3070 atau AMD RX 6700 XT tampak lebih dari mencukupi, brott. Meski besaran VRAM yang ditawarkan tidak sebesar NVIDIA RTX 3060 yang miliki 12GB DDR6, namun performa ditawarkan tetap jauh lebih kuat pada tier ini.

Tentu PSU yang ditawarkan setidaknya harus sedikit lebih kuat karena di sini kita gunakan kartu grafis yang lebih rakus daya. Setidaknya, PSU yang kamu gunakan adalah Cooler Master V750 80+ Gold yang kabelnya bisa diatur dengan mudah karena sudah full-modular. Yang disempurnakan dengan Cube Gaming Axel untuk sempurnakan budget PC gaming ini.

Dominasi kubu biru Intel sangat jelas terlihat dikarenakan teknologi hybrid architecture yang disematkan pada lini prosesor anyarnya. Kubu merah AMD memang lakukan counter dengan meluncurkan AMD Ryzen 7 5800X3D yang sangat kurang untuk lakukan perlawanan. Era budget PC gaming kini resmi direbut kembali oleh Intel.

Sebenarnya, masih ada banyak sekali rekomendasi budget PC gaming di atas 30 Jutaan Rupiah, bahkan deretan rekomendasi laptop sesuai budget. Namun, kami merasa bahwa list di atas bisa kamu jadikan patokan besaran dana yang kamu butuhkan dalam waktu dekat ini.