10 Game Edukasi Anak Android, Mendidik untuk TK sampai Remaja

Tidak semua games berdampak buruk bagi anak, lho. Ada juga yang justru mengedukasi. Berikut ini 10 game anak yang bisa bikin anak pintar.

Di zaman sekarang, smartphone sudah bukan konsumsi orang dewasa saja, anak-anak pun mulai akrab dan bahkan tidak bisa lepas dari smartphone. Hanya saja, jika orang dewasa menggunakan smartphone untuk komunikasi dan alat kerja, anak-anak menggunakan smartphone hanya sebatas untuk menonton atau bermain game.

Nah, aktivitas main game ini perlu dipantau dan dibimbing oleh orangtua. Salah satu peran orangtua adalah memilih game yang tidak sekedar menghibur anak melainkan bisa menjadi media edukasi yang menunjang tumbuh kembang anak.

Untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi permainan game edukasi anak, berikut game edukasi anak yang bisa kamu unduh dan mainkan di smartphone berbasis Android.

Permainan Game Edukasi Anak Terbaik

Belajar sambil seru-seruan bisa jadi pilihan aktivitas pengisi hari yang bermanfaat. Yuk, kembangkan skill anak melalui aplikasi-aplikasi di bawah!

1. Duolingo

Kamu bisa mengajarkan anak berbahasa asing dengan cara yang menyenangkan melalui game edukasi anak Duolingo.

Aplikasi game edukasi anak ini tidak hanya mengajarkan bahasa Inggris, namun juga ada 30 bahasa asing lainnya yang bisa dipelajari anak, antara lain bahasa Mandarin, Perancis, Italia, Spanyol, Korea, Jepang, dan lainnya.

Tampilan Duolingo yang sangat menarik dijamin akan sangat menarik bagi si kecil dalam mempelajari bahasa asing.

2. Khan Academy Kids

Game edukasi anak selanjutnya adalah Khan Academy Kids. Khan Academy Kids mencakup ribuan kegiatan interaktif untuk balita, anak-anak prasekolah, dan taman kanak-kanak.

Dalam permainan game edukasi anak lengkap satu ini, anak-anak bisa belajar membaca, bahasa, menulis, matematika, perkembangan sosial-emosional, keterampilan pemecahan masalah, dan pengembangan motorik.

Tentunya materi pembelajaran ini dikemas sedemikian rupa supaya anak menikmati proses bermain sambil belajar ini.

3. Quick Brain

Game edukasi anak berikutnya adalah Quick Brain. Seperti namanya, game anak-anak terbaru ini mengasah kecepatan otak dalam memproses suatu perhitungan.

Jika anakmu suka matemetika, game ini sangat cocok untuk mempertajam kemampuan berhitung si kecil. Ada batas waktu dalam menyelesaikan seitap soal, jadi anak dilatih untuk berpikir kritis dan cepat.

4. Coloring & Learn

Mewarnai diketahui bermanfaat bagi anak dalam hal mengembangkan kemampuan motorik, sebagai media berekspresi, ketangkasan tangan, serta melatih konsentrasi.

Di permainan game ini, anak akan berkenalan dengan jenis hewan, kendaraan, alfabet, angka, dinosaurus, dan masih banyak lagi. Jadi selain mengenal warna, anak Anda dapat pula belajar berbagai hal baru dalam game edukasi anak lengkap satu ini.

5. Block! Hexa Puzzle

Permainan game selanjutnya yang bisa kamu mainkan bersama si kecil yaitu Block! Hexa Puzzle.

Cara bermainnya sangat mudah, terdapat potongan-potongan balok warna-warni yang harus ditempatkan pada suatu bentuk.

Tantangannya adalah potongan balok tersebut tidak bisa dirotasi untuk disesuaikan. Game anak ini membutuhkan ketepatan berpikir sehingga sangat edukatif untuk anak.

6. Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle

Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle dirancang untuk anak-anak dan orang tua bisa bersenang-senang bersama.

Terdapat 4 kategori mini game yang terdiri dari mencocokkan bentuk, menyusun objek, tebak gambar, serta teka-teki jigsaw.

Setiap mini-game menantang anak Anda untuk menemukan dan memanipulasi bentuk, memecahkan teka-teki gambar, dan mengenali bagaimana bentuk sesuai dengan gambar yang lebih besar, semuanya dengan tampilan yang berwarna dan mudah digunakan yang sempurna untuk tangan mungil.

7. Preschool Learning Games: Fun Games for Kids

Satu lagi game edukasi anak lengkap yang cocok dimainkan saat anak Anda bermain smartphone. Terdapat 15 permainan yang tersedia di dalam game edukasi anak satu ini.

Terdapat rekomendasi umur yang cocok dalam memainkan permainan tersebut. Moms bisa mengikuti petunjuk umur agar anak bisa belajar sesuai dengan tahap kemampuannya saat itu. Selain itu, moms juga bisa mengikuti perkembangan anak secara bertahap.

8. Cooking Mama: Let’s Cook!

Selain berhitung, mencocokkan bentuk, mengeja, dan membaca, pembelajaran terhadap minat dan bakat juga perlu dilakukan sejak dini.

Permainan bertemakan masak-masakan, bisa dibilang merupakan games edukasi anak perempuan. Namun tidak menutup kemungkinan anak laki-laki pun memiliki minat di bidang ini.

Selain mengenal minat anak dalam memasak, anak juga dilatih untuk mengikuti arahan dan instruksi dalam setiap tahap memasak yang kalau tidak dilakukan akan menggagalkan masakan.

9. Doctor Kids

Game edukasi hobi lainnya adalah Doctor Kids. Serupa dengan game edukasi anak sebelumnya, game ini berperan dalam melihat minat dan bakat anak.

Siapa tahu, bermulai dari bermain game Doctor Kids, lalu tertanam cita-cita menjadi dokter saat dewasa nanti.

Aktivitas yang bisa dilakukan melalui game ini antara lain pemeriksaan gigi, mata, x-ray tulang, menggunakan mikroskop untuk meneliti bakteri, dan masih banyak lagi.

10. Matching Games Memory Games Pairs: Remembery

Permainan asah otak untuk anak-anak yang terakhir adalah Matching Games Memory Games Pairs: Remembery.

Game edukasi anak ini bukan sekedar permainan mencocokkan gambar saja, akan tetapi banyak trik yang mengasah daya ingat anak, Moms. Game ini cocok untuk melatih ingatan, konsentrasi, akurasi, atensi, kecepatan berpikir dan keterampilan logika.

Itulah sebagian game edukasi anak yang bisa kamu coba, Moms. Tidak semua games berdampak buruk bagi anak, lho. Di satu sisi, game edukasi anak bisa membangun ketertarikan anak untuk belajar dan mengeksplor hal baru.

Di sisi lain, mengatur penggunaan gadget untuk bermain juga diperlukan agar anak belajar tertib dan bisa membagi waktu dengan bijaksana. Yang terpenting, pendampingan orang tua sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak di segala aspek.