8 Aksesoris Mechanical Keyboard, Cocok untuk Pemula

Aktivitas modding di dunia Mechanical Keyboard terlihat sebagai suatu proses yang membosankan. Mulai dari lubing switch dan tuning stabilizers yang butuh waktu tidak sebentar. Beberapa pemula mungkin akan merasa kewalahan dengan banyaknya hal yang bisa dilakukan dan bingung memulai dari mana.

Aksesoris Mechanical Keyboard

Membahas aktivitas modifikasi bagi pemula, banyak sekali hal yang perlu diperhatikan mulai dari jenis switch yang akan digunakan, jenis keycaps, stabilizer bawaan atau menggantinya dengan stab aftermarket hingga lube yang digunakan. Alat dan aksesoris tambahan dalam modding juga tidak kalah penting.

Penulis berasumsi kalian yang membaca artikel ini tentu sudah paham istilah-istilah yang penulis sebut diatas. Kali ini penulis ingin mengenalkan beberapa aksesoris yang bisa kalian jadikan alat untuk menambah kualitas modding keebs kalian.

Tentu tanpa beberapa aksesoris ini mungkin kalian masih bisa melakukan modifikasi keyboard kecil-kecilan. Namun kehadiran beberapa aksesoris ini akan menambah kenyamanan secara signifikan. Apa saja aksesorisnya mari kita bahas satu persatu.

1. Keycap Puller

Bagian pertama yang harus kalian bongkar jika ingin melakukan modding tentu saja adalah keycap. Beberapa keebs memang sudah menyediakan puller dalam kotak penjualan. Namun biasanya puller tersebut terbuat dari plastik murahan dan dapat merusak keycaps kalian. Tentunya kalian tidak ingin keycaps sebagai mahkota dari keebs kalian lecet, bukan?

Sebagai alternatif kalian bisa menggunakan keycap puller berbentuk kawat. Beberapa keyboard maker mulai dari lokal hingga mancanegara sudah memasukkan puller yang baik. Jika tidak kalian tetap bisa membelinya di marketplace online.

2. Switch Puller

Selesai bongkar keycaps, selanjutnya ya bongkar switch. Nah yang satu ini biasanya kalian tidak perlu beli lagi secara terpisah karena memang sudah termasuk dalam paket pembelian. Mungkin jika kalian ingin punya pegangan yang lebih bagus bisa mencari puller yang punya body lebih tebal. Sisanya sama-sama aja asal dapat melakukan tugasnya dengan baik dan tidak merusak switch sudah lulus tes.

3. Tweezer

Alat satu ini sangat berguna untuk printilan-printilan kecil seperti stem switch, switch film, dan mod–mod lain. Tweezer biasa digunakan untuk lubing dan sebagai alternatif stem holder. Tidak banyak yang bisa dibahas dari alat sederhana ini. Kalian juga bisa menggantinya dengan pinset biasa jika merasa tidak begitu perlu.

4. Switch Opener

Akesesoris mechanical keyboard yang satu ini sebenarnya sangat krusial. Terutama buat kalian yang memang ingin terjun secara penuh ke dunia modding keebs. Modding keebs identik dengan lubing switch dan tidak ada yang lebih menjengkelkan dari membuka switch satu persatu.

Awalnya mungkin kalian berpikir bisa menggunakan garpu atau obeng minus ukuran kecil untuk membuka switch. Tapi percayalah menggunakan switch opener akan sangat mengurangi terbuangnya waktu kalian. Alat sederhana ini juga sudah tersedia di marketplace dan dijual mulai harga dibawah Rp.100.000.

Bisa menjadi investasi jangka panjang jika kalian memang ingin gonta-ganti switch atau sekadar ingin buka jasa lubing. Harap perhatikan untuk memilih switch opener yang terbuat dari alumunium atau logam lainnya dan hindari dari plastik 3d printing untuk meminimalisir benda tersebut rusak dalam penggunaan sebentar saja.

5. Krytox Lube

Lubing switch adalah salah satu cara paling ampuh dalam mengubah feel dan suara dari keebs kalian. Suara switch yang telah di-lube biasanya lebih enak didengar, minim scratchy atau suara serak-serak dan menghilangkan spring ping atau suara per berdengung.

Lube atau pelumas yang digunakan untuk switch tentu tidak bisa menggunakan pelumas biasa untuk bearing logam atau sejenisnya. Memakai lube yang salah bisa menyebabkan berbagai masalah seperti merusak plastik pada switch hingga menyebabkan korosi.

Secara umum lube yang disarankan oleh para keyboard enthusiast mulai dari Krytox dan Tribosys untuk switch, dan Permatex dielectric grease untuk kawat stabilizer. Adapun lube yang disarankan bervariasi. Namun pilihan yang tidak akan salah jatuh kepada Krytox GPL 205g0 yang dirasa cukup aman buat berbagai switch (tentunya ada pengecualian untuk beberapa switch).

6. Kuas Tipis

Aksesoris mechanical keyboard berikutnya sangat mudah dicari dan tersedia di toko alat tulis kantor atau toko palugada terdekat. Yang menjadi catatan mungkin baiknya memilih kuas yang punya ujung lancip dan berukuran tipis untuk mempermudah aktivitas lubing. Alat ini juga sangat terjangkau dan kalian bisa beli beberapa kuas sekaligus agar tidak perlu repot dikemudian hari.

7. Lubing Station

Aksesoris mechanical keyboard berikutnya mungkin tidak begitu esensial namun jika kalian miliki bisa menambah kenyamanan dalam lubing switch. Bagi yang malas bongkar dan lubing satu persatu dan ingin lebih teratur bisa mempertimbangkan lubing station ini. Namun tanpa aksesoris ini pun tidak akan mengubah apapun pada hasil akhir dan bisa kalian skip bila tidak butuh.

8. Plate Foam dan Case Foam

Aksesoris mechanical keyboard yang satu ini mungkin tidak bisa diaplikasikan ke semua keyboard terutama untuk keyboard dari brand gaming ternama. Hal ini disebabkan karena keyboard tersebut memang tidak dirancang untuk modding.

Plate dan case foam bertujuan untuk meredam suara yang dihasilkan mechanical keyboard kalian. Penggunaan foam juga bisa mengurangi suara hollow atau kopong yang dihasilkan dari pantulan suara dari dinding case keyboard. Jadi kalian yang mengincar suara padat mungkin bisa mempertimbangkan penggunaan kedua foam diatas.

Jadi itulah 8 aksesoris mechanical keyboard untuk kalian yang baru ingin coba modding–modding kecil keebs utama kalian. Jika kalian bingung, kalian bisa membaca artikel apa saja mod yang bisa kalian lakukan pada keebs kalian di sini.

Bagian terpenting dari modding adalah proses yang kita lalui untuk mencapai mechanical keyboard yang kita inginkan. Sehingga pengalaman yang kita lalui harus se-nyaman mungkin, bukan? Kira-kira modding apa saja yang sudah kalian lakukan? Bisa beritahu kami ya.