7 Game Ragnarok Online Paling Ikonik Serta yang Masih Aktif Dimainkan Fans

Jika mengamati sejarah game online di Indonesia selama dua dekade terakhir, nama Ragnarok Online sudah pasti wajib masuk dalam bahasan utama. Daripada tertinggal sebagai franchise yang termakan zaman, hingga sekarang Gravity masih memberikan dukungan aktif untuknya dan bahkan sudah menyiapkan berbagai rilis game baru di hampir tiap tahun. Meski bukan termasuk gamer yang ikut tumbuh bersamanya, kami memang tidak bisa mengelak kalau Ragnarok adalah sebuah franchise yang sangat ikonik dan memiliki reputasi solid.
Untuk itu, pada artikel kali ini kami ingin ikut serta dalam membalikan kenangan fans akan game Ragnarok Online yang sempat melegenda hingga judul-judul baru yang mungkin bisa menarik perhatian. Ok daripada berlama-lama lagi, langsung saja simak list dari tujuh gamenya di bawah ini!

Ragnarok Online

Contents

Tidak ada game yang paling pas untuk dibahas pertama dalam list ini kalau bukan Ragnarok Online. Mengadaptasi karya manhwa dengan judul sama karangan Lee Myung-jin, debut awal dari MMORPG ini berhasil membawa kesuksesan besar dari segi pendapatan hingga resepsi yang didapat dari kritik dan fans awal. Ragnarok Online membawa sistem pembangun game MMORPG yang begitu solid sejak awal debutnya, dan semua itu belum ditambah dari daya tarik legendar Nordic yang diusung sebagai tema utama serta serangkaian elemen khas lainnya, seperti pendekatan grafis dengan penggabungan style 2D dan 3D yang begitu unik. Memanfaatkan kesuksesan dari game pertamanya ini, Gravity akhirnya mulai melakukan ekspansi besar dengan menyiapkan proyek lain seperti sekuel baru hingga adaptasi anime.

Ragnarok Online 2

Berlanjut ke game kedua sudah pasti adalah sekuelnya yang diberi judul Ragnarok Online 2: Legend of the Second. Keinginan fans untuk melihat kelanjutan sekuel baru dari Ragnarok Online memang cukup besar pada waktu itu, tapi satu aspek yang membuat game ini berakhir gagal di pasaran adalah karena kehadirannya yang dinilai terlambat. Bagaimana tidak? game ini rilis sekitar hampir satu dekade sejak game originalnya, dan selain peningkatan grafis dengan basis engine Gamebryo, tidak ada banyak fitur serta konten baru yang cukup untuk menarik perhatian pemain selain dari apa yang dibawa dari game originalnya. Seperti yang ditakutkan, Ragnarok Online 2 tidak bertahan lama dan berakhir ditutup servernya dalam waktu yang cukup singkat. Meski tidak berhasil meneruskan legacy sebagai sekuel yang diinginkan banyak fans, game ini masih meninggalkan memori yang cukup kuat di masanya.

Ragnarok DS

Sebelum rilisnya Ragnarok Online 2, sebenarnya franchise ini sudah mendapatkan rilis beberapa game yang tidak kalah menarik perhatian. Salah satunya adalah Ragnarok DS, yang seperti namanya memang dikhususkan untuk platform Nintendo DS. Rilis pada 2008 lalu, ini adalah adaptasi dari game original Ragnarok Online yang perbedaannya tidak membawa konsep serta fitur MMORPG. Jadinya Ragnarok DS memang menawarkan pengalaman bermain yang lebih mirip game JRPG berbasis single player, tapi uniknya ada akses multiplayer tersendiri yang memungkinkan pemain mengajak tiga teman untuk mengikuti tantangan dungeon khusus. Gamenya memang tidak mendapat resepsi yang begitu positif, namun setidaknya ini masih jadi sebuah peninggalan berarti dari debut awal Ragnarok di platform konsol.

Ragnarok Odyssey

Berbicara soal konsol, game Ragnarok lain yang juga dikhususkan untuk platform tersebut sekaligus yang terbaik menurut kami adalah Ragnarok Odyssey. Kalau boleh jujur, inilah game pertama yang membuat kami lebih familiar dengan franchisenya, meski memang ada perbedaan yang cukup kuat jika kita membandingkannya secara langsung, terutama dari konsep MMORPG yang dirubah ke action RPG seperti Monster Hunter. Game ini bisa dibilang adalah eksperimen yang cukup ekstrim, karena selain merubah banyak sekali elemen yang dirasa ikonik dari franchisenya, seluruh proses pengembangan juga melibatkan Game Arts yang mungkin sebagian dari kamu kenal sebagai developer dibalik franchise Lunar dan Grandia. Terlepas dari kritik yang didapat gamenya, kami rasa Ragnarok Odyssey adalah game RPG yang solid dan benar-benar memberikan pengalaman bermain yang memorable di zaman kami masih memiliki konsol PlayStation Vita.

Ragnarok Tactics

Masih dari game Ragnarok yang dikhususkan untuk platform konsol, kalau boleh jujur ini adalah game yang eksistensinya baru kami ketahui saat membuat artikel ini. Lebih spesifiknya sebelum ini kami hanya tahu soal Ragnarok Tactics versi mobile, tapi siapa sangka kalau game aslinya berasal dari PlayStation Portable. Pengetahuan kami akan Ragnarok Tactics cukup minim selain fakta kalau ini adalah spin-off dengan gameplay tactical RPG. Tentu saja nama “Ragnarok” di bagian judul memiliki arti kuatnya sendiri, karena game ini masih membawa setting dunia serta beberapa elemen klasik dari Ragnarok Online yang mudah dikenali fans setia.

Ragnarok M Eternal Love

Melihat bagaimana ada beberapa game Ragnarok yang tidak bertahan lama di pasaran sebelum digantikan dengan judul baru, ekspektasi kami untuk Ragnarok M Eternal Love pada waktu itu berakhir cukup rendah. Hanya saja Gravity benar-benar melakukan tugas yang sangat baik dalam memastikan terjaganya minat komunitas akan game tersebut. Mereka bahkan sempat membawa perombakan besar-besaran lewat Update 2.0 yang belum lama ini juga diikuti dengan update Isle of Dreams. Melihat bagaimana gamenya masih sangat aktif dimainkan, harapan kami semoga game ini bisa bertahan lama dan berkembang menjadi lebih besar lagi dengan lebih banyak konten menarik.

Ragnarok X Next Generation

Selain Ragnarok M, game lain yang kebetulan belum begitu lama rilis dan juga cukup mendominasi adalah Ragnarok X: Next Generation. Gamenya masih dibangun dengan fokus untuk menawarkan pengalaman bermain MMORPG Ragnarok Online paling maksimal di platform mobile, yang mana pemain bisa menikmati petualangan di dunia masif dengan grafis 3D dengan semua sistem pembangun dan fitur yang lengkap. Rilisnya awalnya memang tidak begitu mulus karena adanya permasalahan server, tapi sekarang setidaknya game ini sudah berada dalam posisi yang lebih sehat dan seru untuk dimainkan. Beberapa waktu lalu pihak Gravity bahkan membawa event kolaborasi keren dengan anime That Time I Got Reincarnated as A Slime / Tensura.

Nah, itulah list dari tujuh game Ragnarok Online paling ikonik serta yang masih aktif dimainkan hingga sekarang

Baca Juga :